Arsip Artikel

KETUA PENGADILAN AGAMA SAFARI KE JAJARAN FORKOMPIMDA KOTA BANJAR

 

Selasa 27 Juli 2021,

Pesan singkat melalui whatsapp yang diterima redaksi pagi tadi merupakan pertanda bahwa hari ini Muhammad Iqbal, S. H. I., M. A. (Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar) yang lama, akan melakukan safari ke jajaran FORKOMPIMDA Kota Banjar. Tim segera bersiap mengawal beliau melakukan safari diakhir masa jabatannya, sebelum dilantik menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Cibadak Kelas IB jumat mendatang. Didampingi oleh Wakhidah, S. H. I., S. H., M. H. (Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar) yang baru dilantik jumat yang lalu, tim bergerak menuju Pendopo Kota Banjar, tempat dimana Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M. Si. (Wali Kota) Kota Banjar melakukan giat hari ini.

Kedatangan Pak Iqbal bukan tanpa tujuan, melainkan menyampaikan secara langsung permohonan undur diri beliau dari jajaran FORKOMPIMDA Kota Banjar kepada Ibu Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota yang kebetulan keduanya berada di Pendopo. Tak hanya itu, beliau pun menyampaikan kepada keduanya,  bahwa tongkat kepemimpinan Pengadilan Agama Kota Banjar berikutnya akan diteruskan oleh Ibu Wakhidah, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar.

Dalam suasana santai Ibu Wali Kota menyampaikan rasa kehilangannya terhadap kepindahan Pak Iqbal ke Pengadilan Agama Cibadak, beliau pun menyampaikan ucapan Terima kasih atas dedikasi Pak Iqbal selama bertugas di Kota Banjar. "Kami selalu pemerintah Kota, merasa bangga memiliki Pengadilan Agama Kota Banjar yang telah berhasil meraih predikat WBK dari Kemenpan RB" Ucap bu Wali Kota. Tak hanya itu, Ibu Wali Kota pun berpesan kepada Pak Iqbal, walaupun sudah tidak bertugas di Kota Banjar, tetaplah menjaga silaturahmi, tambah beliau.

Suasana penuh haru ini tak berlangsung lama, pasalnya Ibu Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota harus menghadiri giat yang sudah dijadwalkan. Moment perpisahan ini ditandai dengan pemberian cinderamata dari Pak Iqbal untuk Ibu Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota. Selepas dari Pendopo, tim bergerak ke Pengadilan Negeri Banjar, seperti sudah mempunyai feeling, Jan Octavianus, S. H., M. H. (Ketua Pengadilan Negeri Banjar) menyambut kedatangan Pak Iqbal dan tim di lobby.  Sama halnya dengan kunjungan ke Pendopo, kedatangan Pak Iqbal ke Pengadilan Negeri Banjar untuk menyampaikan permohonan undur diri beliau kepada Pak Jan Octavianus. Beliau menyampaikan ucapan selamat atas promosi yang diterima oleh Pak Iqbal.

Tak berhenti sampai disitu, Pak Iqbal mengajak tim untuk menyambangi Ibu Ardyaningsih, S. IK., M. H (Kapolres Banjar) . Kedekatan emosional kembali nampak, karena secara kebetulan, beliau merupakan tetangga Pak Iqbal di Jakarta, dan uniknya, beliau berasal dari daerah yang sama dengan Ibu Wakhidah, yaitu dari Mranggen Demak Jawa Tengah. "Ditunggu Mangutnya" Ucap Pak Iqbal kepada Ibu Kapolres. Beliau pun menjawab "ditunggu ikan asapnya lho, Pak Wakil" Selorohnya.

Dirasa waktu masih memungkinkan, tim bergerak menuju Lapas Kelas IIB Kota Banjar, lagi - lagi, sambutan hangat dirasakan dari Bp. Muhammad Maulana, A.Md, S. H., M. H. (Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Banjar). Dalam kesempatan itu, Ka Lapas meminta ijin kepada Pak Iqbal dan Bu Wakhidah untuk bisa belajar ke Pengadilan Agama Kota Banjar, sebab sebagaimana diketahui Lapas Banjar pun sedang Mencanangkan Pembangunan Zona Integritas. "Kami pun ingin meraih predikat WBK dari Kemenpan RB, seperti Pengadilan Agama" Ucap Ka Lapas.

Sebenarnya masih ada dua Pimpinan lagi yang akan disambangi dalam safari hari ini, namun karena Bu Wakhidah harus segera kembali ke Pengadilan Agama, untuk memimpin persidangan, maka, niatan mengunjungi Ketua DPRD dan Kepala Kejaksaan Negeri Banjar pun diurungkan untuk esok hari. Dalam perjalanan kembali ke kantor, Pak Iqbal berpesan kepada Bu Wakhidah, "jaga terus hubungan baik yang telah terbina dengan Pemerintah Kota dan Jajaran FORKOMPIMDA ini, apalagi ada tiga srikandi yang menjabat pucuk pimpinan di Kota Banjar ini", Tutup Pak Iqbal.

Add comment

Security code
Refresh