cctv sudi

 

 

 

 

 


Arsip Artikel

ASN YANG BERORIENTASI NILAI

ASN BerAKHLAK #BANGGA MELAYANI BANGSA#

Oleh YAMIN MUBAROK

Sejak tahun 2014 istilah ASN menjadi istilah yang resmi digunakan untuk PNS dan PPPK. Dengan diterbitkannya UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, disebutkan bahwa “Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah”.

Sudah seyogianya ASN sebagai pegawai/ pejabat pemerintah yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik serta perekat dan pemersatu bangsa dalam melaksanakan tusinya berdasar pada nilai-nilai yang luhur dan agung. Prinsif yang menjadi landasan profesi ASN, nilai dasar serta kode etik dan kode prilaku yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh ASN sudah termaktub dalam pasal 3, 4 dan 5 UU ASN. Semua nilai-nilai yang luhur dan agung tersebut sudah lebih dari cukup untuk menjadi pedoman bagi seluruh ASN.

Namun demikian untuk menyederhanakan dan lebih memudahkan para ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan berlandaskan atau berdasarkan nilai yang utama, maka Presiden Republik Indonesia pada 27 Juli 2021 telah meluncurkan Core Values (nilai-nilai dasar) ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. Menpan RB RI telah menerbitkan SE Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara.

Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara ini dihadirkan dalam rangka penguatan buadaya kerja sebagai sebuah strategi transpormasi untuk mewujudkan pemerintahan berkelas dunia. Selain itu juga, dimaksudkan untuk keseragaman nilai-nilai dasar ASN dalam melaksanakan UU ASN pasal 4 dan 5 (nilai dasar, kode etik dan kode prilaku ASN).

Apa dan bagaimana Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara tersebut?. SE Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 menyebutkan bahwa “Core Values yang harus diterapkan oleh seluruh ASN di instansi pemerintah adalah BerAKHLAK. Kata BerAKHLAK adalah singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa”.

Apa dan bagaimana Berorientasi Pelayanan?. Berorientasi Pelayanan yaitu komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat dengan memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat; ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan; dan melakukan perbaikan tiada henti. Kita meski ingat bahwa fungsi ASN adalah pelayan publik. ASN mesti merubah mind set dan budaya kerjanya, dari senang dilayani menjadi bangga melayani. Tentunya melayani masyarakat yang menjadi pengguna layanan di satuan kerja sesuai dengan tusi instansinya. Lebih dari itu, ketika bermasyarakat ASN sebaiknya punya kemampuan untuk bersosialisasi dengan masyarakat dengan selalu terdepan dalam membantu masyarakat di sekitarnya. Menjadi pionir dan teladan dalam bergotong royong, bekerjasama, melaksanakan kegiatan agama, sosial, budaya dan ekonomi di masyarakat.

ASN harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan Akuntabel. Apa yang dimaksud Akuntabel?. Akuntabel artinya bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan dengan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi; menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif fan efesien; dan tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan. Dengan karakter akuntabel ini ASN dituntut untuk bekerja melaksankan tusinya dengan penuh tanggungjawab. Tanggung jawab kepada bangsa dan negara serta tanggungjawab kepada Allah Yang Maha Kuasa.

ASN harus menjadi seorang yang Kompeten. Apa itu Kompeten?. Kompeten yaitu terus belajar dan mengembangkan kapabilitas dengan meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah; membantu orang lain belajar; dan melaksankan tugas dengan kualitas terbaik. Dengan keharusan ASN itu kompeten, akan menggerakkan mereka untuk selalu belajar dan meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya sehingga mampu bekerja secara profesional.

ASN harus bekerja dengan Harmonis. Apa yang dimaksud Harminis?. Harmonis yaitu saling peduli dan menghargai perbedaan dengan menghargai setiap orang apa pun latar belakangnya; suka menolong orang lain; dan membangun lingkungan kerja yang kondusif. Dengan ASN bekerja dengan harmonis, akan menciptakan suasana kinerja ASN yang saling mendukung, menjaga, melindungi, menyayangi, menghormati, dan saling membantu sehingga tercipta lingkungan kerja yang baik.

ASN harus memiliki loyalitas. Apa yang dimaksud dengan Loyal?. Loyal yaitu berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara dengan memegang teguh ideologi Pancasila, UUD 1945, setia kepada NKRI dan pemerintahan yang sah; menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara; c. menjaga rahasia jabatan dan negara. Dengan karakter loyal ini, ASN akan bekerja dengan sungguh-sungguh dan bersemangat serta lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negaranya di atas kepentingan yang lain.

ASN harus memiliki karakter Adaptif. Apa itu Adaptif?. Adaptif adalah terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan dan menghadapi perubahan dengan cepat  menyesuaikan diri menghadapi perubahan; terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas; dan bertindak proaktif. Dengan nilai adaptif ini, akan lahir ASN yang selalu mengikuti perkembangan jaman dan perubahan, bahkan mampu menciptakan perubahan melampaui jaman dengan berbagai inovasi dan kretifitasnya.

ASN harus bekerja secara kolaboratif. Apa yang dimaksud Kolaboratif?. Kolaboratif yaitu membangun kerjasama yang sinergis dengan memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi; terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah; dan meggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama. Dengan bekerja kolaboratif, ASN akan menyatukan semua kekuatan dan kemampuannya satu dengan yang lain yang akan menghasilkan kinerja yang lebih unggul dan komplek. Bekerja bersama, bersinergi, dan berkolaborasi akan mengasilkan paduan suara yang indah, unggul dan unik (spesifik).

ASN BerAKHLAK dan tagar ASN Bangga Melayani Bangsa ini wajib diinternalisasikan dan diimplementasikan oleh setiap instansi pemerintah dalam berbagai media audio maupun visual termasuk di berbagai media sosial dan berbagai kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dan agar mengirimkan tautan laporan hasil penerapan internalisasi tersebut kepada Menteri PANRB melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Dengan internalisasi dan implementasi ASN BerAKHLAK dan ASN Bangga Melayani Bangsa diharapkan mampu mendukung dan meningkatkan pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi/ instansi.  

Tanpa nilai, ASN tak ada artinya. Begitu juga, apa pun tanpa nilai tak ada harganya. Nilai dasar ASN ini sangat penting melekat pada semua Aparatur Sipil Negara. Dengan adanya keseragaman nilai dasar melalui ASN BerAKHLAK dan tagar Bangga Melayani Bangsa akan memudahkan pemberian nilai kepada ASN. ASN yang menerapkan nilai BerAKHLAK akan mendapatkan nilai baik, begitu juga sebaliknya. Semoga semua ASN di negara Indonesia tercinta ini mampu memahami dan mengimplementasikan nilai ASN BerAKHLAK sehingga lahir jiwa yang Bangga Malayani Bangsa dan terwujud pemerintahan berkelas dunia.

Add comment

Security code
Refresh