jadwalsidang jadwalsidang jadwalsidang jadwalsidang jadwalsidang jadwalsidang

Arsip Berita

Sosialisasi Program Berkas Perkara Selesai Sehari (BERSIH)

WhatsApp Image 2021 05 28 at 14.46.52

Pada hari Jumat, tanggal 28 Mei 2021 telah diadakan Sosialisasi program "OPTIMALISASI PELAYANAN PERSIDANGAN MELALUI PROGRAM BERKAS PERKARA SELESAI SEHARI (BERSIH)" dengan Pemanfaatan Aplikasi Blangko Terintegrasi (ABT) di Pengadilan Agama Kota Banjar. Program ini merupakan aksi perubahan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan XXXI Tahun 2021 yang dibuat oleh reformer Hanibarizatul Baroroh,S.HI., M.H.

Adapun program BERSIH ini terdapat tiga tahapan, yaitu:

A. Jangka Pendek (Actris ; Akta Cerai Terbit Sehari)

Progam ini dimulai dengan pembuatan template Berita Acara Sidang khusus untuk sidang ikrar talak. Selanjutnya BAS dan penetapan Ikrar talak dapat langsung dicetak di ruang sidang. Kemudian berkas yang telah lengkap ini langsung diserahkan oleh petugas sidang ke bagian pencetakan akta cerai. Diharapkan dengan adanya program ini para pencari keadilan yang telah melaksanakan ikrar talak dapat langsung mendapatkan akta cerai dan Salinan penetapan di hari itu juga.

b. Jangka Menengah (Saliha: Salinan Putusan dan Salinan Penetapan Sehari)

Program ini dimulai dengan pembuatan template BAS dan putusan/ penetapan untuk perkara verstek maupun perkara penetapan. Adanya template BAS ini akan membuat pengerjaan berkas perkara gugatan yang verstek atau penetapan dapat lebih cepat selesai. Perkara yang telah selesai disidangkan akan langsung di print, diminutasi, kemudian dibawa petugas ke Panitera Muda Hukum (Panmud Hukum).

c. Rencana jangka Panjang; (BERSIH: Berkas SelesaI Sehari)

Program ini dimulai dengan pembuatan template BAS dan putusan untuk perkara yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, seperti perkara yang dihadiri para pihak, perkara ekonomi syariah, gugat waris, persidangan e-litigasi, dll.

WhatsApp Image 2021 05 07 at 15.06.01

Pelaksanaan program ini terlebih dahulu diawali dengan pembentukan TIM Efektif.  Tim yang terdiri dari 11 (Sebelas) orang yang selanjutnya mempersiapkan program BERSIH dapat tercapai.  Dalam rapat tim efektif tanggal 07 Mei 2021, tim selanjutnya mengevaluasi template BAS dan Putusan yang masih belum sesuai. Selain itu, rapat yang diadakan di ruang rapat pimpinan Pengadilan Agama Kota Banjar Tim Efektif juga sepakat untuk segera menyediakan printer di ruang sidang. Agar komunikasi dan koordinasi tim dapat berjalan lancar, Rapat koordinasi dilakukan melalui grup Whats App. Dalam grup ini tim dapat berdiskusi agar pelaksanaan program bersih dapat optimal.

Setelah persiapan ini selesai, reformer bersama Tim selanjutnya mengadakan sosialisasi program “BERSIH”. Dalam sosialisasi yang bertempat di Ruang sidang Utama Pengadilan Agama Kota Banjar, Reformer menjelaskan bahwa program ini dibuat karena saat ini Panitera Pengganti dituntut agar dapat menyelesaikan berkas dalam hitungan menit.

WhatsApp Image 2021 05 07 at 15.05.59

Program ini dimulai dengan mengoptimalkan template BAS (Berita Acara Sidang) yang ada dalam Aplikasi Blangko Terintegrasi (ABT). Reformer bersama tim efektif telah membuat penyesuaian dalam template yang ada di ABT dengan menggunakan aplikasi Filezilla dan Ableword. Selain itu, reformer bersama tim juga telah menyediakan printer di ruang sidang. Dengan adanya printer ini diharapkan pembuatan dan pencetakan dokumen BAS dapat selesai di ruang sidang.

Sosialisi ini diharapkan dapat menggalang dukungan dari seluruh stake holder yang ada di Pengadilan Agama Kota Banjar. Sebagai wujud dari dukungan terhadap program ini, seluruh pegawai menandatangani surat pernyataan dukungan. Dalam arahannya, Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar menyampaikan,  “Program ini jangan cuma sampai diklat ini selesai, tetapi harus terus dilanjutkan dan dikawal agar kinerja Pengadilan Agama Kota Banjar dapat lebih meningkat.”

Add comment

Security code
Refresh