Arsip Berita

Tim Pemeriksa PTA Jawa Barat Menyambangi Pengadilan Agama Kota Banjar

Kamis, 2 September 2021, Cuaca mendung dan hujan rintik di Kota Banjar pagi ini seolah menyambut kedatangan Tim Pemeriksa dari Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat yang akan melaksanakan tugas Pemeriksaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Kota Banjar. Tim yang berjumlah 3 (tiga) orang ini terdiri dari Drs. H. Asep Saepudin M, S.Q. (Hakim Tinggi), Asep Parhanil Ibad, S.Ag., M.M. (Panitera Pengganti) dan Putty Wulandari Apriani, S.I.Kom (Analis Perencana) terlihat tiba di Pengadilan Agama Kota Banjar pukul 09:00 WIB. Disambut oleh Wakhidah, S.H., S.H.I., M.H. (Ketua), Elfid Nurfitra Mubarok, S.H.I. (Wakil Ketua), Achmad Mujahidin, S.Ag. (Panitera), dan Yamin Mubarok, S.H.I. (Sekretaris), tim langsung melaksanakan tugas pengawasannya selepas berbincang sejenak di ruang Ketua, meskipun tanpa opening ceremony seperti biasanya, mengingat padatnya rangkaian acara yang akan dijalani baik oleh Tim dan Pengadilan Agama Kota Banjar sendiri.

WhatsApp Image 2021 09 02 at 15.07.21 1
Kedatangan Tim telah dikonfirmasi melalui pesan singkat sehari sebelumnya, Wakhidah pun menyampaikan kepada seluruh pegawai akan kedatangan Tim Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat tersebut. Oleh karenanya, seluruh aparatur pun bersiap untuk membantu kelancaran tugas Tim pengawas ini. Pemeriksaan dan pengawasan yang dijadwalkan selama 2 (dua) hari ini dimulai pada hari Kamis, tanggal 2 September 2021 s.d. Jumat 3 September 2021. Dalam pemeriksaan tersebut Drs. H. Asep Saepudin M, S..Q. (Hakim Tinggi) memeriksa 5 (lima) berkas perkara yang dijadikan sampel, sedangkan Putty Wulandari Apriani, S.I.Kom (Analis Perencana), melakukan pemeriksaan pada area Kesekretariatan, semua dokumen administrasi kesekretariatan pada sub bagian kepegawaian dan ortala, sub bagian umum dan keuangan serta sub bagian perencanaan, TI dan pelaporan yang dibutuhkan nampak sudah tersedia di ruang rapat pimpinan, tempat pemeriksaan berlangsung. Sama halnya dengan area Kesekretariatan, kelengkapan administrasi perkara di ruang kepaniteraan pun sudah siap, Asep Parhanil Ibad, S.Ag., M.M. (Panitera Pengganti) pun langsung melakukan pemeriksaan pada area Kepaniteran tersebut.

WhatsApp Image 2021 09 04 at 14.53.39
Tak dibutuhkan waktu lama, berbagai catatan temuan dari Tim pemeriksa pun langsung diinventarisir oleh Sekretaris dan Panitera Pengadilan Agama Kota Banjar atas area masing-masing. Layaknya sebuah pemeriksaan, apabila tidak ditemukan unsur kesalahan dalam pelaksanaannya, maka kurang afdol. “Temuan ini bukanlah satu kesalahan, ini adalah hal yang wajar, agar semua satker dapat menjalankan fungsinya sesuai dengan arahan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat” tutur Asep Parhan. Bagaimana tidak, jika pada saat pemeriksaan Tim tidak menemukan kesalahan atau pun kekeliruan, hal ini akan memunculkan pertanyaan, apakah dalam pelaksanaan fungsinya Pengadilan Agama Kota Banjar sudah benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, atau ada sesuatu antara Tim Pemeriksa dan yang diperiksa?

WhatsApp Image 2021 09 03 at 11.03.38
Seluruh hasil temuan Tim akan disampaikan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar pada expose yang digelar esok harinya (jumat). “kami bukan bertujuan untuk mencari-cari kesalahan, segala macam temuan ini akan menjadi bahan perbaikan untuk Pengadilan Agama Kota Banjar kedepannya, sebab Pengadilan Agama Kota Banjar sudah terkenal berprestasi” ujar Asep Saepudin selaku ketua Tim Pemeriksa. Menanggapi hal tersebut, Wakhidah berjanji akan memperbaiki segala macam kekurangan yang ditemukan oleh Tim dalam waktu yang ditentutan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan, “hasil perbaikannya akan kami laporkan kepada Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat” tutup Wakhidah.

WhatsApp Image 2021 09 03 at 11.03.36 1  WhatsApp Image 2021 09 03 at 11.03.34
Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tim Hatiwasda PTA Jawa Barat tersebut ditandatangani oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris PA Kota Banjar dan setelah itu LHP tersebut diserahkan oleh Ketua Tim, Bapak Asep Saepudin kepada Ketua PA. Kota Banjar, Ibu Wakhidah. Expose ditutup dengan sesi foto bersama antara Tim Pemeriksa dengan Aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar. Selamat kembali ke Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat, selamat sampai tujuan, dan insyaallah bisa berjumpa kembali dengan kami Pengadilan Agama Kota Banjar – Selalu Terdepan

Add comment

Security code
Refresh