cctv sudi

 

 

 

 

 


Arsip Berita

Ketua Baru Pimpin Rapat Perdana Pembinaan Pengadilan Agama Kota Banjar

WhatsApp Image 2022 09 21 at 14.37.44

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kota Banjar, pada Rabu 21 September 2022 pukul 13.30 WIB dilaksanakan kegiatan rapat yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar Hamzah, S.Ag., M.H. Rapat dibuka oleh sekretaris Yamin Mubarok, S.H.I., yang menyampaikan bahwa rapat kali ini adalah rapat perdana Pengadilan Agama Kota Banjar yang dipimpin oleh Ketua baru. Agenda kegiatan rapat kali ini selain pembinaan dari Ketua, juga meliputi monitoring evaluasi kinerja dari wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris.

Dalam rapat ini terlebih dahulu Wakil Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar, Taufik, S.H.I., M.A., menyampaikan pentingnya untuk peningkatan kinerja di Pengadilan Agama Kota Banjar. Setelah dilakukan evaluasi terhadap nilai triwulan 2, ada beberapa sektor penilaian yang kiranya bisa ditingkatkan seperti mediasi, gugatan mandiri dan inovasi. Lebih lanjut Wakil Ketua juga menyampaikan pentingnya untuk meningkatkan publikasi kegiatan kantor atau kegiatan pimpinan melalui media sosial, sebagai sarana unjuk diri Pengadilan Agama Kota Banjar agar lebih dikenal lagi.

Selanjutnya Panitera Pengadilan Agama Kota Banjar Ahmad Mujahidin, S.Ag., menyampaikan bahwa peringkat SIPP terakhir Pengadilan Agama Kota Banjar adalah 31 di kategori 4, berharap agar masih bisa ditingkatkan lagi. Oleh karenannya panitera meminta kepada seluruh jajaran kepaniteraan agar mengikuti semua kebijakan yang telah dicanangkan oleh pimpinan Pengadilan Agama Kota Banjar dalam peningkatan kinerja terutama dalam penyelesaian dan pelayanan kepada para pihak yang berperkara.

WhatsApp Image 2022 09 21 at 14.37.43 1

Pada kesempatan berikutnya, sekretaris Pengadilan Agama Kota Banjar Yamin Mubarok, S.H.I., menyampaikan mengenai serapan anggaran yang sudah mencapai lebih dari 80%. Sekretaris juga mengajak seluruh pegawai dalam rangka menghadapi surveillance APM dalam waktu dekat ini untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan masing-masing dan lingkungan kantor pada umumnya.

Sebagai pembicara terakhir dalam rapat, Ketua Pengadilan Agama Kota Banjar, Hamzah, S.Ag., M.H. menyampaikan bahwa big idea dari sistem kerja di Pengadilan Agama terdiri dari 2 hal yang urusan, yaitu urusan kepaniteraan dan kesekretariatan. Kepaniteraan mengurusi kepentingan masyarakat para pencari keadilan mulai dari pendaftaran perkara sampai keluarnya produk pengadilan, sedangkan kesekretariatan adalah supporting unit yang menyediakan sarana, prasarana baik bagi pelayanan hukum bagi masyarakat maupun bagi  kelancaran tugas seluruh aparatur Pengadilan Agama Kota Banjar.

WhatsApp Image 2022 09 21 at 14.37.43

Lebih lanjut Ketua menegaskan bahwa posisinya sebagai Ketua hanyalah sebagai orang yang dituakan, yang tak mungkin melaksanakan seluruh tugas di Pengadilan sendirian, oleh karenanya Ketua dibantu oleh seorang wakil Ketua, hakim-hakim dan seluruh pegawai. Bila Ketua keliru dalam menerapkan suatu aturan dalam pelaksanaan tugas, maka hakim pengawas bidang lah yang mengingatkan melalui pengawasan triwulan yang sudah dijadwalkan. Itulah yang disebut sebagai hubungan kolektif kolegial dimana setiap unsur di lingkungan Pengadilan Agama Gianyar mempunyai peranan yang penting dalam pelaksanaan tugas.

Add comment

Security code
Refresh